Tabanan Command Centre Diresmikan

Tabanan Command Centre Diresmikan

Tabanan – Untuk mewujudkan Tabanan Smart City, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berupaya membangun Tabanan Command Centre (TCC). Hal tersebut disampaiakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan, I Nyoman Sumartana saat menyampaikan laporan kepada Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti pada acara peresmian TCC di Rumah Jabatan Bupati Tabanan, Selasa (18/12). Hadir ditempat itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Tabanan serta unsur lain yang terlibat dalam pembangunan TCC ini.

Sumartana menjelaskan tujuan dari pembangunan ini adalah sebagai  tempat untuk memudahkan terintegrasinya perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan dalam merespon dinamika penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tabanan. TCC akan menjadi pusat mengumpulkan dan memproses informasi yang dibutuhkan sebagai landasan manajemen berbagai kejadian dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif di Kabupaten Tabanan.

Sumartana menambahkan terdapat dua prinsip utama agar TCC dapat bekerja secara optimal, yaitu; Good Function dan Good Form.

Good Function meliputi Komunikasi, Komando, Pengendalian, Koordinasi dan Dokumentasi. Sehingga hal ini akan mengoptimalkan pimpinan dalam pengambilan keputusan, terkait pesan dan informasi yang harus dikumpulkan, dievaluasi/diverifikasi, dianalisis, dan dikategorisasikan.

Good Form yaitu lokasi TCC dengan mempertimbangkan ketersediaan ruang, aksesabilitas, kemampuan survive, redundansi, komunikasi, fleksibilitas dan keamanan. Pada sisi kemampuan survive yaitu; dapat bertahan dalam situasi kondisi apapun dengan tersedianya backup data.

Redundansi terkait dengan kemampuan survive yaitu tersedianya cadangan sistem yang mendukung seperti server cadangan yang dibutuhkan dan switch on dalam hitungan detik, ketika server utama terjadi crash.

Saat ini, TCC dilengkapi pula oleh ruang server terpadu dengan generator cadangan untuk kebutuhan daya listrik darurat, serta ruang display yang sesuai dengan teknologi terkini. Wall Space display utama berfungsi untuk menyajikan seluruh pantauan aktivitas pengoperasian dan pengaturan lalu lintas data, informasi dan pesan sehingga mudah diakses dan disebarkan.

Suport bandwidth dari tahun ketahun terus ditingkatkan. Tahun 2016 kita hanya mampu 15 Mbps, hingga menjadi 125 Mbps di tahun 2017 dan pada tahun 2018 ini menjadi 250 Mbps. Untuk mengantisipasi perkembangan aplikasi tambahan serta penambahan pemasangan Fiber Optic (FO) antara OPD, di tahun 2019 yang akandating, bandwidth internet akan kita tingkatkan menjadi 500 Mbps. Demikian juga untuk pemasangan kabel Fiber Optic (FO) yang pada tahun 2016 hanya sepanjang 500 meter, kini di tahun 2018 sudah mencapai 2,7 Km.

Mengenaiaplikasi yang terinstal di server bersama ini, hingga tahun 2018 ini telah terdapat 17 aplikasi antara lain;

LPSE, SIM PERIJINAN, SIUKIR, SISDARU, SIREP, SMART PLATFORM, SIMDA, BPHTB, E-UMKM, E-MUSREMBANG, E-PLANNING, E SURAT, JDIH, SIMPEG, E-UMKM, OPENDATA, PHR ONLINE, DAN E-SAKIP.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tabanan meresmikan Tabanan Command Centre (TCC).