Diskominfo Resmikan Akses Wifi dengan Telekonferensi

Diskominfo Resmikan Akses Wifi dengan Telekonferensi
Bupati Tabanan meresmikan wifi corner Gedung Kesenian Ketut Maria

Tabanan – Diskominfo Tabanan telah tuntaskan penyelenggaraan akses wifi gratis dana BKK Provinsi Bali sebanyak 393 titik. Dengan tercapainya target tersebut, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, Diskominfos Provinsi diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Data Elektronik, I Wayan Suarna, Kepala Dinas Kominfo Tabanan, I Putu Dian Setiawan dan Rekanan melaksanakan penempelan tapak tangan menandakan peresminan akses wifi tersebut di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Selasa (10/12).

Bupati Tabanan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali telah memberikan bantuan akses wifi gratis kepada Desa Adat, Puskesmas dan objek wisata di Kabupaten Tabanan. Terhadap fasilitas publik yang ada, Bupati Eka mengingatkan agar masyarakat dapat menjaga dan ikut merawat sebaik-baiknya.

Bupati Eka menekankan bahwa kedepan Tabanan dapat melaksanakan E-Government termasuk Program E-Planing di Tahun 2020. Eka Wiryastuti mengharapkan server OPD yang berdiri sendiri dapat dijadikan satu sehingga program E-Government dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan Tabanan Serasi terwujud. Untuk pelaksanaan E-Government Bupati Eka menyerahkan email utuk OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Bupati Tabanan serahkan email OPD

Pada kesempatan tersebut pula Bupati Tabanan bersama Sekretaris Daerah menyempatkan menguji koneksi dan melaksanakan telekonferensi dengan Camat dan Bendesa Adat dibeberapa tempat. Tempat yang melaksanakan telekonferensi diantaranya: Kecamatan Pupuan berlokasi di Puskesmas Pupuan, Kecamatan Selemadeg Timur di Desa Sesandan, Kecamatan Kerambitan di Desa Kelating, Kecamatan Kediri di Desa Beraban serta Kecamatan Baturiti di Ulun Danu Beratan. Bupati Eka menanyakan bagaimana penerimaan siaran selama pelaksanaan acara.

Kadis Kominfo Tabanan dalam laporannya mengatakan bahwa di Tabanan ada dua wifi corner yaitu di areal Lapangan Alit Saputra dan arial Gedung Kesenian Ketut Maria dengan kapasitas 100 Mbps. Akses wifi gratis dana BKK Provinsi telah terkoneksi fiber optik sepanjang kurang lebih 1600 km, sebanyak 393 titik tersebar di Kabupaten Tabanan. Dari 393 tersebut terdiri dari 20 Puskesmas, 24 Objek Wisata dan 349 desa adat dan telah dituntaskan 100 persen. Ditambahkan juga bahwa Kabupaten Tabanan mendapatkan titik wifi terbanyak di Bali. Kapasitas dimasing – masing wifi sebesar up to 20 Mbps dan dapat dimonitor dan dikendalikan melalui Tabanan Comand Center (TCC).

Putu Dian memaparkan di tahun 2020 Diskominfo mengadendakan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Pada tahun 2020 diskominfo mengagendakan semakin meningkatkan layanan teknologi informasi komunikasi dengan pembangunan infrastruktur intra perangkat daerah melengkapi pusat data tabanan coment center dan update data menuju satu data indonesia dan menginventarisir serta mengintegrasikan semua aplikasi perangkat daerah”, imbuhnya.

Putu Dian berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas publik ini dengan baik dan senantiasa menjaga dan memeliharanya. Sebelum acara berakhir diisi dengan sosialisasi edukasi internet sehat yang diikuti oleh Siswa SMP, SMA/SMK di seputaran kota Tabanan.