Diskominfo Mantapkan PPID

Diskominfo Mantapkan PPID

Tabanan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan melaksanakan rapat koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Tabanan di ruang rapat, Rabu (10/7). Rapat PPID dipimpin oleh Sekretaris Dinas yang juga sebagai PPID Utama, I Wayan Suradigama, SH didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, I Made Andi Suryawan, ST, MM dihadiri oleh PPID Pembantu di OPD serta Perusahaan Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Suradigama mengatakan bahwa Badan Publik wajib menyajikan layanan informasi kepada masyarakat sesuai amanat dari UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Untuk Kabupaten Tabanan sudah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Tabanan Nomor 180/1239/03/HK&HAM/2019 tentang Susunan Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, sebagai upaya dalam pelaksanaan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Suradigama mengharapkan peran aktif OPD. “Kami harapkan OPD selalu aktif dalam memperbaharui daftar informasi publiknya baik yang berupa dokumen/arsip serta yang berupa softcopy untuk diunggah pada website masing-masing OPD secara berkala.

Ditambahkannya juga target untuk tahun 2019 pelayanan keterbukaan informasi publik online sampai dengan pemerintahan desa, mengingat pentingnya keterbukaan informasi terkait dengan pengelolaan dana desa.

Suradigama menegaskan dalam melayani masyarakat terkait informasi. “Dalam pelayanan kepada masyarakat disediakan tempat khusus layanan informasi walaupun kecil, sehingga jangan sampai ada masyarakat yang bingung untuk mencari informasi”, tegasnya.